My Impression - Crisis Core Final Fantasy VII

9:51:00 PM

Seperti yang pernah gw janjikan... Gw mau menulis mengenai salah satu game yang ending nya berhasil bikin gw nangis sesenggukan di malam hari saat liburan kenaikan kelas bulan Juni lalu. Hehe.

Sesuai judul dari post ini, game tersebut adalah CRISIS CORE: Final Fantasy VII.
Rating gw untuk game ini... Mungkin 8.5 dari 10.
Story : gak usah dipertanyakan, story dari game ini, bagi yang sudah pernah namatin FF VII dan yang sudah nonton Advent Children, pasti bisa membuka mata mereka, terutama mengenai masa lalu Cloud, Aerith, Tifa,   Sephiroth, para SOLDIERS dan Shinra Company itu sendiri. Alasan mengapa di FF VII, Sephiroth jadi seperti itu. Lalu, alasan mengapa Cloud bisa menjadi pemilik dari Buster Sword.


Graphic: jujur aja, grafik dari game ini menurut gw nilainya 9 dari 10, untuk level game PSP, grafik dari CC (Crisis Core) ini benar-benar mantap. Walaupun tidak semua character muncul dengan grafik 3D  yang bagus, namun beberapa character utama yang muncul di scene-scene tertentu, wajahnya bener-bener jelas dan... kerenlah pokoknya. Buat yang udah main game ini pasti ngertilah maksud gw B-)


Gameplay: gameplay dari game ini menurut gw udah cukup menarik. Battle nya khas action-RPG ala Square Enix lah (kira-kira seperti KHBBS, dst dsb). Ada pilihan attack, magic, item di kanan bawah. Tinggal tekan L1 atau R1 aja. Lalu di kiri bawah saat activating combat mode ada HP, MP dan AP. HP bisa sampai 9999, tergantung dari level, dan equipment. Kita juga bisa menjalankan beberapa mission, untuk menaikan level, atau mendapatka item-item bagus. Sistem level up nya juga hoki-hokian di sini. Pakai sistem DMW (lihat kanan atas).



Characters: Character nya ada beberapa yang sudah muncul di FF VII, tapi ada juga karakter-karakter baru yang mungkin di FF VII hanya muncul sekilas atau bahkan hanya namanya saja yang pernah disebutkan. Design character nya T O P. Dan wajahnya enak dipandang semua :p

Itu review yang sangat-sangat singkat dari gw. Sekarang gw mau menceritakan mengenai pengalaman gw memainkan first playtrough dari game ini, sekali gus tips-tips nya aja. Walaupun game ini udah tergolong lama, yahh tapi mungkin masih ada yang belum memainkan this amazing game, dan semoga review ini bisa membantu kalian.

Jujur aja, ini Final Fantasy series pertama yang gw tamatin. Sebelumnya, gw cuma pernah main Final Fantasy X, dan itupun gw stuck di sebuah boss di Mt. Gagazette. Jadi, gw belum pernah main Final Fantasy VII yg original saat gw memainkan CC ini. Setelah gw menamatkan CC, barulah gw memainkan FF VII yang di PS1.

Awalnya, gw tau game ini dari rekomendasi teman gw di sekolah. Dia bilang, game ini bagus, terutama endingnya. Akhirnya, setelah menamatkan KH BBS, gw mainkan game ini. Pada saat pertama kali main, gw agak bingung dengan ceritanya, karena gw belum pernah main FF VII sebelumnya. Namun, lama-lama akhirnya gw mngerti, apa itu Shinra, apa itu SOLDIER dan seluk beluk kisah dari character-character game ini dan kisah kelam mereka.

Tentu saja, heroine dari game ini, yaitu Zack Fair, menjadi daya tarik tersendiri bagi para gamer game ini. Sebelumnya gw udah pernah melihat Zack ini pas main KH BBS, saat dia di Olympus Colliseum dan kita harus mengalahkannya 2x saat kita menggunakan Terra. Gw rasa, Zack yang ada di KH BBS itu, gak nyambung story nya dengan yang di CC ini. Haha.

Character yang menarik dari game ini, tentu saja bukan hanya Zack. Cloud Strife, heroine dari FF VII dan FF VII Advent Children, juga muncul di sini, dan diceritakanlah masa lalunya, sebelum ia bergabung dengan AVALANCHE, bagaimana ia bisa memperoleh buster sword, dan bagaiman ia bisa menjadi SOLDIER 1st class. Semuanya diceritakan di Crisis Core ini. Ada juga Aerith dan Tifa. Namun, Aerith lebih banyak memegang peran di sini, dibandingkan Tifa. *spoiler* Sebab, Zack merupakan pacar pertama Aerith. Di FF VII, Aerith pernah bilang begitu.*end of spoiler*

Nah, sekarang dimulailah spoiler alert nih yah. Kalau yang belum pernah main, dan tidak suka spoiler, sebaiknya jangan baca :) . Seperti yang kita ketahui, di sini kita melihat perjuangan Zack menjadi SOLDIER 1st class. Saat kita baru memulai permainan, kalau gak salah, Zack masih sebagai SOLDIER 2nd class saja, dan misi pertamanya itu yang di wutai. Di situ pertama kalinya Yuffie muncul. Hahahaha, dan dia masih kecil banget.

Ceritanya ya berkisar di Shinra aja, dan kisah cinta antara Aerith dan Zack. Lalu... Pokoknya ada macem-macem deh, makanya cobalah main game ini. Super reccomended bagi para penggemar action RPG. Terutama ending nya yang benar-benar... Menyentuh hati. Gw benar-benar nangis ngelihat ending nya :') ... Well, untuk yang satu ini ga mungkin gw spoiler. Kalau mau liat lengkapnya ya di youtube aja :)
Theme song ending nya juga pas banget. Lagu Why, yang dinyanyikan oleh Ayaka.


That's one of the spoiler :')

You Might Also Like

1 comments

Feel free to comment here :)