Nagoya 名古屋 - Kota yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Jepang

11:50:00 PM

Jepang, negara impian banyak orang. Termasuk aku yang dari kecil memang cinta banget sama Jepang. Jepang yang terkenal dengan budaya yang unik dan penduduk yang ramah, pasti membuat banyak orang pengen jalan-jalan ke Jepang, terutama saat musim panas dimana ada banyak festival yang seru buat dikunjungi!


Kalau jalan-jalan ke Jepang, hampir semua orang taunya pergi ke Tokyo, Osaka atau Kyoto. Kalau yang suka belanja ya ke Tokyo atau Osaka, kalau yang ingin 'kembali ke alam' ya ke Kyoto. Padahal, tau ga sih kalian kalau di Jepang juga banyak kota-kota lainnya yang nggak kalah serunya buat dikunjungi selain ketiga kota tersebut? Ya, salah satunya Nagoya! Nagoya ini bukan Nagoya yang ada di Batam itu ya saudara-saudara... Tapi Nagoya ini yang original dari Jepang :D

Photo: Sumber

Nagoya 名古屋, bisa dibilang kota ini merupakan kota all-in-one. Buat yang hobi shopping? di Nagoya bisa. Buat yang suka sejarah? Pasti ada dong di Nagoya! Jadi, ga usah takut rutinitas shopping kalian terhambat selama menikmati keindahan sejarah di Nagoya ini :P (buat yang hobi shopping pasti ngerti dong yaa hihi)

"Ah, masa sih? Kaya nya jarang denger kota yang namanya Nagoya deh"

Ya ampun, masih ga percaya? Tenang aja, kamu bakal pengen pergi ke Nagoya setelah baca yang di bawah ini :D

"Nagoya? Ohh, yang dilewatin kalau naik kereta dari Tokyo ke Osaka atau Kyoto ya "

Yup, letak Nagoya memang menjadi perbatasan antara Tokyo dengan Osaka dan Kyoto. Jika naik kereta melalui Tokyo menuju kedua kota tersebut memang melewati Nagoya, sehingga sering Nagoya hanya dilihat melalui kaca saat berada di kereta saja.

Letak Kota Nagoya. Photo: Sumber

Dari peta tersebut dapat terlihat lokasi Nagoya yang berada di perbatasan Tokyo-Osaka.

Nagoya 名古屋 terletak di pulau Honshu (pulau utama di Jepang) dengan populasi 2.24 juta. Nagoya memiliki sejarah yang cukup panjang dan menjadi tempat lahir 3 orang yang berpengaruh bagi sejarah Jepang, Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi dan Tokugawa Ieyasu (yang suka baca sejarah Jepang, atau main game dan nonton film yang berbau sejarah Jepang, pasti ketiga nama ini sudah tidak asing lagi deh. Setuju?). Industri tradisional seperti keramik, tekstil dan industri modern seperti kendaraan dan mesin juga diproduksi di Nagoya, sehingga Nagoya memainkan peran penting dalam perindustrian di Jepang lohh.. Keren kan? Sampai sekarang, Nagoya menarik banyak perhatian dari dunia internasional sebagai salah satu kota yang berkembang di Jepang.


"Tempat apa yang wajib dikunjungi saat liburan ke Nagoya?"


1. NAGOYA CASTLE - memahami sejarah Nagoya sambil menikmati indahnya bunga sakura

Photo: Sumber | Sumber
Ngga afdol namanya kalau ke Nagoya tapi nggak ke Nagoya Castle (Istana Nagoya). Buat wisatawan yang hobi sejarah, tempat ini wajib dikunjungi, karena selain sebagai simbol kota Nagoya, di sini kita bisa melihat kehidupan para tuan-tuan yang tingga di istana pada Jepang zaman dahulu loh! Selain itu, saat musim semi, pengunjung dapat menikmati indahnya bunga sakura di sini. Kebayang kan indahnya kaya gimana? Duh, makin pengen ke sana pastinya!

Pintu utama Nagoya Castle | Photo: Sumber
Saat musim panas, tepatnya saat pertengahan bulan Agustus, Nagoya Castle mengadakan festival musim panas dimana terdapat banyak lampion dan tarian bon (tarian tradisional Jepang). Wah, seru banget pasti festival ini! Terutama di malam hari, bisa melihat lampion-lampion cantik beserta budaya Jepang yang menarik juga.

Festival Nagoya Castle setiap musim panas | Photo: Sumber

 Informasi mengenai Nagoya Castle: 
Lokasi: 1-1 Honmaru, Naka-ku, Nagoya
Biaya masuk: 500 Yen (Dewasa) 
Gratis (Siswa SMP ke bawah) 
Jam Buka: 9:00 - 16.30 (Masuk ke Donjon hanya sampai pk. 16.00)
Tutup: 29 Desember - 1 Januari



2. TOYOTA COMMEMORATIVE MUSEUM OF INDUSTRY AND TECHNOLOGY - Toyota dulu dan sekarang


Photo: Sumber
Siapa sih orang Indonesia yang tidak tau Toyota? Ya, merk ini tentu sudah ga asing lagi di telinga kita. Mobil Toyota sudah bertebaran dan berlalu lalang di Indonesia. Nah, Toyota ini berasal dari Jepang, tepatnya dari Nagoya lho! Bahkan ada Toyota Commemorative Museum (Museum Peringatan Toyota) di Nagoya.

Di dalam Museum Toyota | Photo: Sumber
Museum ini tidak hanya cocok bagi pecinta Toyota saja, namun bagi pecinta otomotif dan sejarah, museum ini sangat mengesankan. Dalam museum ini, pengunjung dapat melihat Toyota pada zaman dahulu dan awal pembuatan mobil Toyota, hingga sekarang saat mereka sudah menggunakan komputer dalam proses pembuatannya. Menakjubkan bukan?

 Informasi mengenai Toyota Commemorative Museum: 
Lokasi: 4-1-35 Noritake-shinmachi, Nishi-ku, Nagoya
Biaya masuk: 500 Yen
Jam Operasional: 9:30 - 16.30
Tutup: Hari Senin



3. PORT OF NAGOYA AQUARIUM - wisata akuarium yang menakjubkan dan edukatif


Photo: Sumber
Termasuk salah satu tempat yang wajib di kunjungi di Nagoya, Port of Nagoya Aquarium (Akuarium Pelabuhan Nagoya) ini menjadi pilihan yang tepat bagi pecinta akuarium dan lumba-lumba. Wisata ini tentu juga merupakan pilihan yang tepat bagi keluarga yang memiliki anak-anak, karena di dalamnya terdapat atraksi-atraksi menarik dari binatang laut dan akuarium yang besar dan sangat terawat, tentu membuat takjub para pengunjungnya.


Atraksi paus pembunuh | Photo: Sumber
Paus pembunuh juga merupakan salah satu hal yang menarik pengunjung untuk datang ke sini. Dilihat dari gambarnya saja sudah keren, apalagi kalau lihat langsung? 


 Informasi mengenai Akuarium Pelabuhan Nagoya: 
Lokasi: 1-3 Minatomachi, Minato-ku, Nagoya
Biaya masuk: 2000 Yen
Jam Operasional: 9:30 - 17.30 (Pertengahan Maret-November)
9:30 - 17.00 (Desember-Pertengahan Maret)
9:30 - 20:00 (saat Golden Week dan libur musim panas)

4. ATSUTA JINGū - kuil yang dinaungi oleh keindahan alam Jepang

Photo: Sumber
Tidak lengkap rasanya jika ke Jepang tanpa mengunjungi kuil. Berkat keindahannya, Atsuta Jingū (Kuil Atsuta) menjadi kuil yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bagi yang tidak berdoa, menikmati keindahan alam sambil makan udon dan minum teh, merupakan daya tarik tersendiri pada kuil ini. Tempat yang tepat bagi yang sedang bosan dengan keramaian kota dan membutuhkan waktu istirahat sejenak. Kuil ini juga menjadi tempat di mana warga sekitar meminta berkat, sehingga di sini para wisatawan juga dapat melihat rutinitas warga Jepang itu sendiri. 

Atsuta Matsuri | Photo: Sumber
Selain itu setiap tanggal 5 Juni, diadakan juga Atsuta Matsuri, yaitu festival tahunan yang diadakan di Kuil Atsuta. Pada festival ini, terdapat upacara, serta ritual dan acara-acara yang diperuntukkan bagi para dewa dan dewi, serta pasar malam yang tentunya seru bangett! Bagi yang datang ke Nagoya pada tanggal tersebut, festival ini wajib untuk dikunjungi! Kapan lagi coba, bisa melihat budaya Jepang melalui festival-nya secara langsung?

 Informasi mengenai Atsuta Jingu: 
Lokasi: 1-1-1 Jingu, Atsuta-ku, Nagoya
Biaya masuk: 300 yen (khusus Treasure Hall)
Jam operasional: Treasure Hall pk. 9.00 - 16.30 (gerbang ditutup pk. 16.10)
Kuil buka 24 jam untuk berdoa
Tutup: Hari Rabu di bulan terakhir dan tanggal 25-31 Desember (khusus Treasure Hall)

5. OSU SHOPPING DISTRICT - surga bagi para pecinta belanja di Nagoya

Photo: Sumber
Sudah lelah menjelajahi peninggalan sejarah dan keindahan alam di Nagoya? Sekarang saatnya belanja dongg. Mana suaranya yang hobi belanja??

Osu shopping district (pusat perbelanjaan Osu) ini tempat yang paling tepat buat belanja di Nagoya. Letaknya juga berdekatan dengan Kuil Osu Kannon (大須観音), sehingga selain berbelanja, juga bisa sembari mengunjungi kuil tersebut. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui kan?

Osu Shopping District | Photo: Sumber
Terdapat penjual berbagai macam barang, mulai dari fashion, snack, souvenir, hingga barang-barang kebutuhan cosplay, anime, manga dan elektronik. Tak heran kalau tempat ini sering disandingkan dengan Akihabara di Tokyo. Tidak hanya barang saja, namun terdapat banyak makanan tradisional jepang serta izakaya di sini. Wah, habis shopping, lalu makan.. Sedap banget kan?

Festival Musim Panas Osu | Photo: Sumber
Setiap tahun pada akhir bulan Juli dan awal bulan Agustus, di sini juga diadakan festival musim panas. Acaranya yaitu ada World Cosplay Summit, parade samba, tarian bon-odori, dan masih banyak lainnya. Festival biasanya ditutup dengan permainan drum taiko dan atraksi kembang api tradisional yang digenggam menggunakan tangan. Saat musim panas, festival ini tentu saja wajib dikunjungi!

 Informasi mengenai Osu Shopping District: 
Lokasi: Osu, Naka-ku, Nagoya
Jam Operasional: Tergantung toko (biasanya jam 11.00 - 20.00)


Tips: Transportasi akan lebih mudah jika kalian menggunakan Me~guru Tour Bus untuk mengunjungi lokasi-lokasi wisata di Nagoya :)




"Kalau laper setelah jalan-jalan di Nagoya, enaknya makan apa ya?"

Photo: Sumber

Wisata nggak akan lengkap kalau tanpa wisata kuliner! Kuliner juga merupakan salah satu bentuk budaya sebuah negara lho. Terutama buat pecinta makan seperti saya, yang selain hobi kuliner untuk dimakan, juga hobi kuliner untuk diabadikan gambarnya (baca: biarin aja makanannya keburu dingin, yang penting fotonya bagus :P). Yang hobi makan, mana suaranyaaa ?? Yupp, sekarang kita bakal bahas makanan khas di Nagoya ! Penasaran apa aja sih? Yuk lanjut baca :)

NB: Jangan baca ini di malam hari, terutama untuk anak kos, karena saya tidak tanggung jawab kalau kalian nggak bisa tidur karena kelaparan setelah baca post ini.

1. HITSUMABUSHI - kelezatan daging belut yang dibakar ala Nagoya

Hitsumabushi | Photo: Sumber | Sumber | Sumber | Sumber

Makanan yang wajib dicoba oleh pecinta belut, yaitu hitsumabushi. Hitsumabushi merupakan hidangan belut dimana belut dipotong lalu dibakar tanpa dikukus terlebih dahulu. Inilah yang membedakan hidangan belut Nagoya dengan hidangan belut di kota Jepang lainnya. Hitsumabushi juga memiliki cara makan yang unik lho.

Caranya:
  1. 1 porsi Hitsumabushi dibagi menjadi 4 bagian
  2. Porsi pertama disajikan di mangkuk kita sendiri dan dimakan seperti biasa
  3. Porsi kedua disajikan di atas porsi pertama dengan ditambah bumbu-bumbu seperti wasabi, nori (rumput laut), dll. Rasakan perubahan rasa dari hitsumabushi tersebut
  4. Porsi ketiga diperlakukan seperti porsi kedua dengan ditambah teh hijau atau kaldu di atasnya
  5. Porsi sisanya cukup mengulang metode yang anda suka dari ketiga metode di atas


Unik banget kan? Makin penasaran deh untuk nyobain hitsumabushi ini.. Sudah mulai ngiler belum saudara-saudara?


 Restoran yang direkomendasikan untuk menikmati Hitsumabushi: 
· Atsuta Horaiken Matsuzakayaten ·
3-30-8 Sakae, Naka-ku | Matsuzakaya Nagoya South Bldg. 10FNagoya 460-0008, Aichi Prefecture


2. MISO-KATSU - renyahnya potongan daging berpadu dengan kentalnya saus miso

Miso-katsu | Photo: Sumber | Sumber | Sumber | Sumber
Miso di Nagoya, identik dengan saus berwarna gelap yang terbuat dari kacang kedelai. Miso tersebut dicampur dengan kaldu dan bumbu hingga menjadi saus yang kental. Saus tersebut kemudian dihidangkan dengan potongan daging yang digoreng dan jadilah Miso-katsu. Rasanya itu lho... Ga kebayang deh, pasti enak banget! Namun hidangan miso-katsu ini biasanya dibuat dengan menggunakan daging babi, sehingga tidak direkomendasikan untuk wisatawan yang beragama Muslim.


 Restoran yang direkomendasikan untuk menikmati Miso-katsu: 
· Yabaton Honten ·
3-6-18 Osu, NakakuNagoya 460-0011, Aichi Prefecture



"Aduuh, jadi pengen pergi ke Nagoya nih.
Tapi bingung, naik apa ya sebaiknya? :("


Eiitts gak usah bingung, kini ada yang namanya H.I.S. tours and travel. Apasih H.I.S itu? H.I.S adalah perusahaan travel yang berasal dari Jepang, dan H.I.S menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk bagi kita yang mau berwisata tanpa ribet memikirkan transportasi, hotel dan ini itu lagi !



"Kenapa pilih H.I.S. ? "

His Travel | Photo: Sumber

1. Memastikan kenyamanan servis saat perjalanan hingga tiba di rumah
H.I.S bertanggung jawab terhadap layanannya dan staff H.I.S juga akan melayani jika kalian butuh berkonsultasi mengenai perjalanan!

2. Global Network mendukung keamanan anda
H.I.S memiliki keuntungan dengan jaringan global yang mendukung perjalanan kalian, dengan sistem terbaik melayani mulai dari reservasi hingga kalian kembali lho !

3. Harga terbaik langsung dari cabang luar negeri
H.I.S memiliki cabang di luar negeri, sehingga dapat menawarkan harga terbaik untuk hotel dimanapun dan kapanpun kalian butuhkan.

4. Unggul dalam individual tour
H.I.S menyediakan berbagai macam tour dan menangani tour sesuai keinginan kalian. H.I.S dapat menyusun perjalan kalian, mulai dari tiket pesawat, hotel, optional tour, kereta api, penyewaan mobil dan semua yang anda butuhkan! Tentu saja H.I.S juga dapat mengurus visa. Segala prosedur pembuatan visa cukup diserahkan kepada H.I.S. Enak banget kan, semuanya udah diurus sama H.I.S !

Keunggulan H.I.S | Photo: Sumber
5. Unggul untuk perjalanan ke Jepang
H.I.S memiliki 273 cabang di Jepang, Kalian dapat reservasi perjalanan ke Jepang di kantor cabang lain di luar negeri. Mulai dari cara penggunaan JR PASS hingga penerbangan domestik, semuanya tinggal diserahkan ke H.I.S !

Sekarang udah tau kan, kenapa kalau travelling harus pakai H.I.S ?

Nggak cuma itu aja lho, aku punya kabar baik bagi kalian yang ingin liburan ke Jepang! Kini H.I.S bekerjasama dengan ANA (All Nippon Airways) membentuk HAnavi.


HAnavi. Photo: Sumber


HAnavi dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. HAnavi menyediakan paket Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo atau dari Osaka. Kapan lagi coba, bisa keliling Jepang dengan biaya murah? Transportasinya pun nggak tanggung-tanggung.. naik pesawat ANA yang notabene paling kece di Jepang!



"Keliling Jepang, kenapa harus HAnavi?"


1. Hemat Waktu

Nggak usah capek karena terlalu lama duduk di kereta. Dengan HAnavi, kalian dapat menghemat waktu di perjalanan dengan naik pesawat, jadwal dapat dipilih.


Perbandingan ke Nagasaki dengan menggunakan Kereta vs Hanavi. Photo: Sumber

Sebagai contoh perbandingan adalah pada foto di atas:

  • Jika menggunakan kereta dari Tokyo ke Nagasaki, maka akan memakan waktu sekitar 7 jam. Sedangkan jika menggunakan HAnavi, cukup 1 jam 50 menit saja!
  • Jika menggunakan kereta dari Osaka ke Nagasaki, maka akan memakan waktu sekitar 4,5 jam. Sedangkan jika menggunakan HAnavi, cukup 1 jam 10 menit saja!

Woww, menghemat waktu banget kan?

2. Paket tiket + hotel super murah
Siapa yang nggak suka diskon? HAnavi menyediakan paket tiket penerbangan domestik + hotel dengan diskon besar-besaran!

3. Beragam pilihan tiket & hotel
Tersedia beragam pilihan kombinasi jaringan domestik dan hotel sesuai dengan rencana kalian. Jadi nggak usah takut kalau tidak sesuai dengan selera kalian :)

So, udah nggak bingung kan sekarang kalau ke Nagoya mau naik apa? Nggak cuma ke Nagoya aja lho, H.I.S dan HAnavi juga menyediakan paket ke kota-kota di Jepang lainnya seperti Hokkaido, Fukuoka, Okinawa, Nikko, Hiroshima, Fuji-san, dan Toyama. Kece banget kan?



 Informasi lebih lanjut mengenai H.I.S dan HAnavi: 
Customer Service: 021-5741701 (Senin - Sabtu, pk. 9.00 - 17.00)



***
Udah nggak sabar untuk ke Jepang dengan H.I.S dan HAnaviH.I.S bekerjasama dengan Kawaii Beauty Japan, kini sedang mengadakan lomba menulis dengan hadiah yang nggak tangung-tanggung... Liburan musim panas ke Jepang untuk 2 (dua) orang pemenang!

Mau tau caranya? Cukup klik gambar di bawah ini teman-teman. Siapa tau aku dan kalian yang beruntung untuk memenangkan liburan gratis ke Jepang bersama H.I.S dan HAnavi !

Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition
Klik gambar untuk ikutan #HISSummerTrip Competition!


“The world is a book,  
and those who do not travel read only one page.” 
– Saint Augustine

Referensi:

You Might Also Like

21 comments

  1. Wah jadi pengen ke Jepang 😄

    ReplyDelete
  2. Good luck yaa jangan lupa oleh" 😁😁

    ReplyDelete
  3. Wih serem banget ada paus pembunuh di nagoya 😨

    ReplyDelete
  4. Nagoyaa.... T.T
    Pengen k sana jg..

    Good luck yaa eve, semoga menang..
    jangan lupa ajak" ak yaa ahahah :D

    ReplyDelete
  5. Menarik,ulasannya juga bagus !!! GOOD JOB AUTHOR ! Good luck

    ReplyDelete
  6. good luck yo, kalo menang ajak" ya

    ReplyDelete
  7. wah mantap eve tips nya.
    banyak informasi bagus, terutama yg aku suka adalah musium toyota.

    thanks eve.

    ReplyDelete
  8. mau dong oleh oleh nya klo lo ke sana

    ReplyDelete
  9. Keren banget nih kalo kita jalan bareng vel. Yuk jalan-jalan ke sini hehehe

    ReplyDelete
  10. wow nagoya keren banget ya, ada pertunjukan pausnya juga.. keren

    ReplyDelete

Feel free to comment here :)